^^

Selamat datang di blog saya,
semoga bermanfaat untuk anda sekalian.
:D

Senin, 22 Agustus 2011

PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR

Oke, mari kita bahas sedikit mengenai mata kuliah Pemrograman Terstruktur. Sebenernya aku masih gak paham sama mata kuliah ini,tapi yasudahlah. Mari di review saja. Hehe :)
 
Program -> deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer, sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki pembuatnya.
 
Pemrograman Terstruktur
“Metode untuk mengorganisasikan dan membuat kode-kode program supaya mudah untuk dimengerti, mudah di test dan di modifikasi.”

Aspek – aspek dasar pengolahan data :
A. Brainware
1. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
2. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
3. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
4. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keras komputer
B. Hardware 
C. Software
-  Sistem Software / Perangkat Lunak Sistem  (disebut juga software pendukung)
Program yang digunakan untuk mengontrol Sumber Daya komputer baik internal (RAM)  maupun eksternal (Printer).
*  Program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan hardware.
Contoh :
·         Sistem Operasi(Windows, Linux dll)
·         Utilitas merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk
·         device Driver (sebagai pengendali peripheral).

Application Software / Software Aplikasi
*  Program yang digunakan pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik
*  Contoh : Word Processor (Pengolah kata) untuk membuat dokumen, Aplikasi Perbankan, Program untuk mengolah foto dll.

- Package Software
            Program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum.
            Contoh : Pengolah kata (Microsoft Office), Desain Grafis dll

Bahasa Pemrograman berdasarkan  Perkembangan :
1.  Bahasa Mesin
*  Bahasa mesin antara mesin satu dengan yang lainya berbeda.
*  Bahasa mesin perintahnya menggunakan kode-kode biner atau heksadesimal
Contoh :
B402 = 1011 0100 0000 0010 = memuat  bilangan 2 ke register AH     
B22A                                       = memuat bil. 2A heksadesimal ke register DL
CD21                                       = jalankan interupsi 21 heksadesimal

Hasil ke 3 perintah ini sama dengan perintah yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.
WRITE (‘*’);
Cout << “*”
2.  Bahasa Tingkat Rendah
*  Bahasa Assembly (Bahasa Rakitan).
*  Perintah kepada mesin tidak lagi menggunakan kode-kode biner, tetapi menggunakan kata-kata pendek.
                        MOV untuk menyatakan “Move”
JNZ    “jump non-zero” = lompatlah bila tidak sama dengan 0.
*  Contoh :
MOV AH,02
MOV DL,2A
INT 21
Hasil ke 3 perintah ini sama dengan perintah yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi.
WRITE (‘*’);  (pascal)
echo “*”;
3.   Bahasa Tingkat Menengah
Bahasa C diciptakan tahun 1972. bahasa C menggabungkan kemampuan pengendalian mesin dalam aras rendah, struktur data dan struktur kontrol beraras tinggi.
Contoh perintah :    printf (“*”);
4.      Bahasa Tingkat Tinggi
*  FORTRAN (FORmula TRANslator) dikembangkan tahun 1956. à ditujukan untuk mempermudah membuat aplikasi matematika dan teknik.
*  BASIC (Begginer All-Purpose Symbolic Instruction Code) dikembangkan tahun 1965.
*  PASCAL dibuat tahun 1971 oleh Nicklaus Wirth. bahasa ini digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur.
*  COBOL  (Common Business Oriented Language),  dibuat tahun 1959,  bahasa ini digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi dibidang bisnis.
*  RPG adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk aplikasi bisnis. Pada mulanya RPG merupakan singkatan dari Report Program Generator,
RPG menyediakan kemampuan yang memudahkan Programmer dalam membuat laporan bisnis.
Pembaruan terakhir dari bahasa RPG adalah RPG IV (ILE RPG). Bahasa ini memiliki berbagai fitur pemrograman berbasis objek antara lain: fungsi (function) dan prosedur (procedure).
5.   Bahasa Berorientasi Objek
Konsep utama pemrograman berorientasi objek yaitu melakukan permodelan objek dari kehidupan nyata ke dalam tipe data abstrak.
Jelasnya, pemrograman berorientasi objek merupakan konsep pemrograman untuk memodelkan objek yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari

Objek Mobil memiliki fungsi :
-          Hidupkan
-          Matikan
-          Jalan
-          Rem
-          Dll
1.      Orginating
Kegiatan yang berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan (record) data ke dokumen dasar
2.      Input
Kegiatan pemasukan data kedalam proses komputer dan melalui input device
3.      Proses
Kegiatan untuk pemrosesan data. Data yang sudah dimasukan yang disimpan didalam storage akan dilakukan proses aritmatik atau logika.
4.      Storage
Kegiatan berupa penyimpanan data, baik data yang belum di proses atau yang sudah berupa hasil pengolahan data untuk diteruskan keperangkat lain.
5.      Output
Kegiatan untuk proses menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output yang berupa informasi.
6.      Distribution
Kegiatan untuk proses penyebaran informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan  membutuhkan informasi.




Sekian!
Selamat menkmati! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar